Minggu, 14 Juni 2009

Hacker memburu PowerPoint

Salah satu software presentasi yang paling terkenal di dunia adalah Microsoft PowerPoint dari perusahaan software terbesar, Microsoft. Microsoft PowerPoint biasa digunakan dalam acara presentasi di dunia bisnis maupun pendidikan. Pada 5 Mei 2009, para user mendapat kabar yang tidak baik tentang Microsoft PowerPoint, yaitu hacker telah melakukan penyerangan kepada Microsoft PowerPoint dengan OS Windows. Namun, Microsoft lansung tanggap untuk mencegah para hacker mengganggu kenyamanan para user Microsoft PowerPoint dengan memmbuat Pacth untuk software presenatsi tersebut. Sementara itu, Microsoft belum menemukan adanya tanda-tanda bahwa hacker akan melakukan penyerangan kepada Microsoft PowerPoint dengan komputer AppleMac. Sehingga Microsoft belum merilis Patch untuk software tersebut pada komputer Aplle Mac.

Dalam hal ini, hacker akan mencari kelemahan pada Microsoft PowerPoint lalu mendorong para user untuk membuka file PowerPoint palsu dari internet. Saat ini Microsoft melakukan kerja sama dengan perusahaan software keamanan yang sangat terkenal di dunia, yaitu Symantec untuk mengatasi masalah tersebut.

“Dalam point ini, hacker kemudian akan memperoleh control lengkap dari account user, dan hacker dapat melakukan apa saja ke system, bahkan tanpa permission dari user yang sah. Untuk itu, kami sejauh ini telah melakukan pengamatan sejumlah hacker yang berusaha untuk mengeksploitasi kelemahan di Microsoft PowerPoint.” ungkap Alfred Huger, peneliti senior di Symantec.